Budaya Makan Mie di Korea yang Wajib Dicoba

Spread the love

Budaya makan mie di Korea terkenal sangat unik. Pasti kamu juga pernah melihatnya di drama atau series kan? Percaya atau tidak, ketika melihat orang Korea makan mie, pasti rasa ingin mencobanya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui detail apa saja budaya atau kebiasaan yang dilakukan.

Budaya Makan Mie di Korea yang Unik

Kamu pasti tahu bahwa setiap Negara memiliki keunikannya tersendiri dalam hal penyajian makanan. Tak terkecuali Korea sebagai Negara yang terkenal dengan penyajian mie instan atau ramyeon yang menggugah selera. Penasaran kan bagaimana budaya makan mie disana? Simak beberapa poin di bawah ini ya!

Budaya Makan Mie di Korea

1. Menggunakan Panci Khusus

Budaya yang pertama makan mie ala Korea adalah menggunakan panci khusus berwarna kuning tembaga. Panci ini ternyata sudah lama digunakan dan tersedia dalam berbagai jenis ukuran. Biasanya yang paling kecil untuk memasak satu bungkus mie saja, sedangkan yang besar, bisa muat untuk makan keluarga.

Mie instan dimasak menggunakan panci khusus ini dan ketika disajikan tidak menggunakan piring, melainkan langsung bersama pancinya. Jadi, jika kamu ingin makan mie ala Korea, maka wajib membeli panci khusus ini.

  1. Makan dengan Tadah Tutup Panci

Coba perhatikan lagi, ketika orang Korea menyantap mie, pasti menggunakan tutup panci khusus yang sudah dijelaskan di atas. Mereka menjadikannya wadah karena enggan mengambil mangkuk atau piring sebagai tadahan.

Bisa dicoba bagaimana sensasinya makan dengan tadah tutup panci. Apakah sama saja, atau ada sesuatu yang spesial.

  1. Menggunakan Hot Bowl

Budaya makan mie di Korea kerap menggunakan hot bowl. Kalau di Indonesia penggunaannya lebih sering untuk steak. Hot bowl memiliki nama lain yaitu dolsot, wadah berbentuk mangkuk yang dibuat dari tanah liat atau keramik, sehingga sangat tahan panas.

Hot bowl ini tidak hanya digunakan untuk menyantap mie saja tetapi juga membuat bibimbap. Namun yang paling sering adalah membuat ramyeon. Makan mie menggunakan ini memberikan sensasi panas yang semakin menggugah selera.

  1. Makan Bersama Kimchi

Kimchi merupakan salah satu jenis lauk pauk yang ada di Korea. Seringnya digunakan sebagai makanan pendamping makan mie yang wajib. Rasa kimchi sedikit asam dan pedas, sehingga tak heran jika menjadi perpaduan yang cocok untuk mie instan atau yang lainnya.

Di Korea sendiri terdapat banyak jenis kimchi. Namun yang paling sering dikonsumsi bersama mie adalah kimchi lobak dan sawi. Ketika kamu nanti berhasil berkunjung ke Korea, jangan lupa membelinya untuk dibawa ke Indonesia ya.

Ajak saudara, teman, keluarga dan orang tersayang untuk menyantap mie ala Korea. Banyak sekali kimchi instan yang dijual di supermarket.

  1. Menambahkan Keju

Budaya yang terakhir untuk makan mie di Korea adalah menambahkan topping keju di atasnya. Bagi sebagian orang memang ini sangat aneh, tapi tidak dengan masyarakat disana. Keju yang dikonsumsi adalah mozzarella dengan teksturnya yang lentur dan kenyal.

Mozarella menjadi lumer saat dipanaskan. Oleh karena itu, memberikan sensasi yang berbeda ketika dimakan bersama mie. Tak ketinggalan juga, orang korea biasanya menambahkan mie dengan telur, irisan daun bawang dan daging ham.

Tentu saja citra rasa mie akan semakin menggugah selera. Kamu juga bisa mempraktekkan budaya ini menggunakan mie lokal.

Beberapa budaya makan mie di Korea di atas bisa diadopsi dan digabungkan dengan lokal. Pastinya semakin asyik jika menyantapnya bersama teman-teman dan orang tersayang.