Kuliner Khas Kuningan

Spread the love

Kuliner Khas Kuningan – Kuningan merupakan kota kecil yang ada di Jawa Barat. Kuningan ini menjadi tempat yang banyak menjadi kunjungan wisatawan ketika berlibur. Suasananya yang dari dataran tinggi dan juga udaranya yang sejuk membuat banyak orang menyukainya. Namun selain dari suasananya, hidangan khasnya juga sangat menggugah selera.

10 Kuliner Khas Kuningan yang Sayang Jika Tidak Dicoba

  • Opak Bakar Kuningan

Hidangan yang pertama adalah opak bakar kuningan. Kuliner yang satu ini akan sangat cocok untuk Anda yang menghindari makanan gorengan. Sesuai dengan namanya, opak ini dibuat dengan cara dibakar. Hal ini tentunya akan lebih sehat karena tidak menggunakan minyak.

Camilan yang satu ini terbuat dari bahan beras ketan dan juga kelapa yang dimasak dengan dipanggang. Opak tersebut memiliki bentuk lingkaran dan juga tipis sehingga akan renyah ketika Anda makan.

  • Kopi Luwak

Kuningan juga terkenal dengan kopi dari hewan luwak. Kopi luwak tersebut memang terbuat dari biji kopi sebagai makanan luwak. Nantinya kotoran dari luwak tersebut akan diolah menjadi kopi yang berkualitas. Kopi luwak memang menjadi khas dari Kuningan karena budidaya luwak. Anda bisa menikmati kopi luwak ini dengan suasana kota kuningan yang sejuk dan segar.

  • Rujak Kangkung

Jika biasanya rujak menggunakan buah, berbeda dengan rujak kuningan yang menggunakan kangkung. Rujak kangkung dengan cita rasa yang pedas menggunakan kuah asam Jawa sehingga menghasilkan rasa yang pedas dan segar. Anda bisa mencoba untuk merasakan hidangan ini karena cukup banyak yang jual kuliner khas kuningan ini.

Namun dikarenakan hidangan ini bernama rujak, meskipun menggunakan sayur kangkung akan kurang cocok jika dihidangkan dengan nasi.  Biasanya hidangan ini akan banyak dinikmati pada saat siang hari.

  • Peuyeum Ketan

Selanjutnya ada hidangan bernama peuyeum ketan. Hidangan ini merupakan tape ketan yang terbungkus daun. Uniknya jika Anda membelinya sebagai oleh-oleh, maka akan menggunakan tempat berupa ember besar atau kecil. tape ketan tersebut merupakan beras ketan putih yang terfermentasi selama beberapa hari. Jika sudah matang maka akan berwarna hijau.

Tape ketan khas kuningan ini memiliki rasa yang legit dan manis. Tape ketan akan dibakar dengan kayu bakar. Daun yang digunakan untuk membungkusnya juga unik yaitu dari daun jambu. Biasanya hidangan ini akan banyak digunakan sebagai oleh-oleh dari kuningan untuk para wisatawan.

  • Golono

Kuningan ternyata juga memiliki hidangan berupa camilan yang khas. Hidangan tersebut adalah gorengan bernama golono. Golono tersebut merupakan gorengan yang berbahan dasari ampas tahu. caranya dengan mencampurkan ampas tahu dengan beberapa jenis bumbu halus. Bumbu halusnya seperti garam, daun bawang, penyedap rasa dan cabai rawit.

Jika sudah tercampur, kemudian akan menggunakan bahan celupan lagi dari tepung dan digoreng hingga matang. Hasilnya adalah gorengan yang kering di luar dan lembut pada bagian dalamnya. Biasanya hidangan ini akan cocok Anda nikmati bersama cocolan sambal atau bisa menggunakan cabai saja.

Baca juga : Snack Box Untuk Meeting

  • Tahu Lamping

Kuliner khas kuningan murah selain golono ada tahu lamping yang sama-sama menggunakan bahan berupa tahu. Dari tampilannya, memang mirip dengan tahu sumedang. Namun dari segi tekstur keduanya berbeda. Tahu sumedang memiliki tekstur yang renyah bagian kulitnya. Sedangkan tahu lamping baik kulit dan bagian dalamnya lembut.

Tahu lamping ini biasanya akan dinikmati dengan lontong dan juga cabai rawit. Anda juga bisa menikmatinya dengan nasi hangat saja. Hidangan ini akan sangat cocok untuk menemani sore atau malam hari Anda.

  • Nasi Kasreng

Hidangan yang juga bisa Anda dapatkan dari catering adalah nasi kasreng. Nasi kasreng ini merupakan nasi dengan beberapa lauk seperti lalapan taoge, taburan udang rebon dan beberapa gorengan lainnya. Tak lupa juga sambal terasi untuk menambah cita rasanya. Nasi kasreng ini memang hidangan yang sederhana dimana dulu banyak dinikmati oleh pedagang, supir dan lainnya.

Nasi kasreng sekarang ini sudah mulai banyak berkembang. Ada berbagai macam tambahan lauk pauk lainnya juga. Jadi jika Anda pergi ke Kuningan jangan lupa mencoba nasi yang satu ini.

  • Katempling

Kuningan juga memiliki camilan yang khas berupa katempling. Katempling ini adalah cemilan favorit yang terbuat dari bahan singkong. Katempling memiliki bentuk yang bulat dan juga teksturnya renyah seperti keripik. Untuk rasanya sendiri biasanya gurih. Selain katempling, masyarakat juga sering menyebutnya dengan gemblong.

Katempling ini juga memiliki dua rasa yaitu, rasa oncom dan rasa orisinal. Camilan ini banyak menjadi oleh-oleh bagi para wisatawan. Anda juga bisa pesan kuliner khas kuningan katempling ini jika butuh dalam jumlah yang banyak.

  • Hucap

Hucap yang merupakan singkatan dari tahu kecap ini adalah hidangan khas dari kuningan yang bisa Anda coba. Sesuai dengan namanya, hidangan ini sangat sederhana karena hanya menggunakan tahu, bumbu kacang, kecap dan juga bawang goreng. Hasilnya rasanya manis, gurih, asam, dan juga pedas. Sedangkan untuk bumbu kacangnya biasanya akan lebih kental. Biasanya hucap ini bisa Anda temukan pada pedagang keliling.

  • Kwecang

Kuliner khas kuningan yang terakhir adalah kwecang. Kwecang ini hampir mirip dengan bacang. Hanya saja kwecang adalah versi manis dari hidangan bacang. Hidangan ini terbuat dari bahan beras ketan dan juga air apu.

Nantinya akan dibungkus dengan daun bambu dan disajikan dengan gula pasir sebagai cocolannya. Sehingga akan memberikan cita rasa yang manis dan juga legit.