Makanan Bergizi Dari Bahan Kangkung

Spread the love

Kangkung adalah sayuran yang paling mudah didapatkan dan juga murah harganya tetapi menyimpan khasiat yang sangat banyak. Kangkung selain mengandung vitamin yang baik untuk tubuh juga bisa membuat lancar pencernaan makanya kangkung ini bagus sekali dimakan orang yang sedang mengalami masalah pencernaan. Kangkung ini ada dua jenis, pertama adalah kangkung darat dan juga kangkung air kedua jenis kangkung ini sama-sama bagus hanya saja cara menanamnya saja yang berbeda. Cara memasak kangkung ini juga bisa dengan berbagai macam teknik, bisa ditumis, direbus atau malah dimakan mentah-mentah. Tetapi untuk yang paling mudah dan paling umum dipakai adalah teknik menumis, sebab tidak perlu banyak bahan dan bahannya murah juga.

Bahan-Bahan TumisĀ  Kangkung Belacan

Belacan atau terasi adalah bahan makanan yang bau tetapi enak sekali kalau dicampurkan dengan bahan makanan lainnya, terasi ini paling cocok kalau digunakan untuk membuat sambel. Sambel yang tadinya terasa pedas kalau ditambah terasi rasanya jadi lebih enak, tetapi sekarang terasi tidak hanya dipakai untuk pelengkap sambel saja tetapi kalau masakan tumis juga sudah memakainya. Contohnya saja tumis kangkung sekarang juga pakai terasi, memang terdengar aneh tetapi kalau dimakan benar-benar enak. Kalau nama menu ini bukanlah menu tumis kangkung terasi tetapi terkenalnya adalah tumis kangkung belacan. Untuk membuat tumis kangkung ini ada bahan yang penting sekali dan bahan-bahannya ada di bawah ini.

  • Bahan Utama

Untuk tumis kangkung ini ada bahan utama dan bahan tumisnya jadi harus mempersiapkan kedua bahan ini barulah bisa memasak kangkungnya. Untuk bahan utama menu tumis ini ada di bawah ini.

  • Kangkung Segar

Pertama kangkung segar harus dipersiapkan kalau mau enak jangan pakai kangkung darat tetapi harus pakai kangkung air sebab kangkung ini tidak terlalu banyak seratnya. Selain itu kangkung air juga tidak hitam warnanya kalau ditumis, jadi kalau ditumis tetap berwarna hijau. Untuk jumlah yang dibutuhkan itu cukup 300 gram saja.

  • Ebi

Kedua adalah ebi, ebi atau udang kecil ini bagus untuk menambahkan rasa gurih di tumisan kangkung. Tetapi yang diperlukan ebinya bukan ebi segar tetapi ebi kering, untuk jumlahnya cukup satu sendok makan saja.

  • Kaldu Ayam Bubuk

Ketiga adalah kaldu bubu bisa rasa ayam atau sapi, kaldu ini dibutuhkan karena untuk menambah rasa tumisannya. Kaldu yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak, cukup sediakan satu atau dua sendok teh saja.

Bahan Halus

Selain ada bahan utama juga ada bahan halus yang harus dipersiapkan untuk bahan ini tidak boleh dicampurkan terlebih dahulu dengan bahan utamanya. Untuk bahannya adalah terasi setengah sendok makan dan terasinya juga harus matang, bawang merah, bawang putih, garam, cabai merah dan lada. Jumlahnya harus disesuaikan dengan bahan utamanya supaya enak rasanya.

Cara Membuat Tumis Kangkung Blacan

Pertama prosesnya adalah haluskan dulu semua bahan halusnya, kalau mau cepat halus sebaiknya pakai blender saja. Jika sudah halus maka siapkan minyak di penggorengan, jika sudah panas minyaknya tinggal masukan bahan halusnya dulu. Tumis bumbu halusnya sampai tercium bau harum jika sudah barulah masuk ebi dulu dan lalu masukan kangkungnya. Untuk membuat kangkung ini cepat matang maka tambahkan sedikit air, tunggu sampai kangkung mulai lemas dan sudah mulai berubah warnanya jadi hijau tua. Setelah matang baru hidangkan tumis kangkung ini dengan teman sambel terasi pasti enak.